Ramadhan terakhir

June 13, 2018


Saya mau cerita. Tadi malam adalah shalat malam terakhir di bulan Ramadhan. Ayah ngajakin kita sekeluarga qiyamul lail di mesjid habiburahman, jadi di mesjid itu kl shalat malam di bulan ramadhan 1 rakaat baca +- 3 surat, sehingga pas akhir ramadhan tamat deh 1 al-quran. Nah, tadi malam pas rakaat akhir, dan ketika imam udah baca ayat2 al quran surat terakhir mulai kedenger suara orang-orang nangis, makin lama suara nya makin kenceng, sampe akhirnya pas udah surat terakhir nangis nya mulai histeris. Saya yang awalnya gak ngeuh itu suara apaan, lama-lama ngeh dan ngomong dalem hati "oh itu pada sedih mus, soalnya ramadhan udah mau pergi. Ini kan malam terakhir ramadhan."  terus saya ngomong lagi dalem hati sendiri "Lha kok saya gak sampe nangis kayak orang-orang ya?" :( ada sih perasaan sedih ditinggal ramadhan, tapi dikit banget. Adapun idung saya yang 'ingsreuk-ingsreuk - an' adalah karena ingusan meler kedinginan bukan karena sedih yang mendalam. Lalu saya mikir... Ya Allah sebegitu banyak kah dosa saya sampe hati saya keras... jangan-jangan dosa saya terlalu tebal sampe menutupi hati saya, jangan-jangan hati saya ini memang hitam gelap :((( Saya baru nangis pas solat duha, di kamar sendirian. Bukan karena mau ditinggal ramadhan, tapi lebih ke arah cerita sama Tuhan "Ya Allah.. gimana saya ini Ya Allah... ini ramadhan hari terakhir, kalau sampe beres ramadhan dosa-dosa saya belum di ampuni saya bener-bener termasuk orang merugi besar :( " lalu saya sedih sendiri. Ternyata pengen jadi manusia yang dekat dengan Allah itu perjuangannya luar biasa banget, jadi orang yang murni itu emang gak gampang, dikira udah murni padahal tanpa sadar ada niat selain karena cari ridho Allah, gak sadar suka belok, hatinya masih terbolak balik. 

You Might Also Like

0 comments