#Tentang Takdir : Gak semua yang dipandang buruk itu selalu buruk. Bisa jadi itu adalah keberuntungan.

September 17, 2018

Waktu itu saya lagi di bank benerin atm saya yang udah kadaluarsa, saya dapet no antrean 20, sebelum saya banyak gerombolan naq2 SMA yg lagi bikin buku tabungan. Dan mereka rame bingits. Karena garing nunggu, sebenernya saya mau cari jajan diluar tp berhub takut kebablasan antreannya yauda saya tungguin aja. Terus saya inget di hp saya ada aplikasi yg pernah saya donlot tp blm pernah di pake. Namanya : Tafsir Ibnu Katsir (ini bukan sok religius / gmn ya). Sebenernya saya bukan perempuan hijaber yang kerudungan panjang pake gamis, saya masih suka pake celana jeans, kerudung juga pendek2, tapi saya merasa kalau baca alquran itu banyak makna yang tidak dijelaskan secara detail. Jadi dibalik sebuah ayat, pasti ada cerita panjangnya, bahkan menurut saya banyak juga rahasia tersembunyi yang Tuhan selipkan, makanya saya suka baca tafsir untuk memperdalam pemahaman saya yang masih banyak keterbatasannya.



Saya suka kisah2 yang menurut saya 'ajaib' kayak kisah Nabi Sulaiman yang ada di dalam Al Quran bisa mengerti bahasa binatang, punya kekuasaan terhadap jin, punya kerajaan yang gak dimiliki siapapaun, kisah Iskandar Zulkarnain ( sering di sebutnya The Great Alexander) nah ini nih yg paling saya kepo jadi saya pernah baca Iskandar Zulkarnain itu pernah melakukan perjalanan untuk mencari mata air kehidupan (ainul hayat) konon katanya siapa yang minum dari mata air itu dia gak akan mati sampe kiamat (mirip cerita air keabadian yaaa). Kisah ini juga pernah di ceritakan sama ayah saya dulu. Jadi di rombongan Zulkarnain dalam ekspedisi itu, konon ada yang namanya Khidr (sebutan, bukan nama asli). Nah dalam kisah2 Khidr ini satu2nya yang diizinkan Tuhan untuk minum air itu, karenanya banyak rumor kalau nabi khidr itu masih hidup sampe sekarang. Banyak pertentangan tentang statement ini. Hanya Tuhan yang tau.


Nah lanjut, akhir nya karena saya inget Khidr saya jadi sambil nunggu antrean bank saya baca tafsir Nabi Musa waktu ketemu Nabi Khidr. Bisa di baca di surat Al Kahfi yang ayat tengah2. Nah gara2 baca tafsir itu saya jadi dapet banyak insight mengenai takdir termasuk kenapa saya di takdirkan buat ngantri lama2, mungkin biar saya bisa baca ni tafsir.

Intinya kisah itu ceritain kalau Nabi Musa sama muridnya mencari orang yg berilmu, muridnya ni bawa ikan, pas sampe di pertemuan kedua laut ikan ini loncat kelaut dengan cara yang aneh. Ada yang sebut ikan yg dibawa itu ikan makanan terus idup lagi, tapi takdir bikin murid itu lupa cerita sama Nabi Musa. Barulah pas mereka udh lewat tempat itu, muridnya inget kejadian tadi terus cerita. Kata Nabi Musa itu pasti tempatnya orang berilmu itu, terus mereka balik lagi.


Lalu disana ketemulah nabi Musa sama seseorang dan minta diajarkan ilmu. Kenapa langsung ngomong minta diajarin? gimana kl itu bukan orang yg dicari?. Jd saya pernah denger, ibaratnya cuma wali yg bisa ngerasain wali lagi. Karena aura dan feel nya pasti beda. Terus jawaban nabi Khidr itu langsung dong di bilangin kalau nabi Musa gak akan sanggup. Gini ya, belajarnya juga belum kok bisa dibilang begitu, berati bisa disimpulkan kalau orang ini bisa melihat ke masa depan. 

Pendek cerita, akhirnya Nabi Musa boleh ikut berguru asal gak boleh nanya tentang semua perbuatan yang Khidr lakukan nanti. Lalu mereka berjalan. Pertama mereka ketemu perahu, lalu Khidr ujug2 melobangi perahu itu, Nabi Musa gak bisa dong liat orang berbuat kerusakan tanpa alasan depan mata dia, terus bilang yg intinya : kenapa dilubangi perahunya? biar penumpangnya tenggelam? Sungguh engkau telah berbuat kesalahan yg besar. Terus Khidr ingetin lagi, istilahnya khan td udh dibilangin gak boleh nanya.. Lalu nabi Musa minta maaf karena lupa.

Dua, mereka jalan lagi terus ketemu anak lelaki dan dibunuhlah anak itu sama Khidr. Menurut tafsir yg aku baca, anak itu adalah anak kecil yg lagi main sama temen2nya, yang paling bersih dan tampan rupanya. Ada yg mengatakan kalau di bunuh dengan diputus kepalanya (Hanya Tuhan yg tau.) Nabi Musa nanya lagi dong, ya masa iya ada orang bunuh anak kecil diem aja. Apalagi Nabi, pasti gak bisa biarin liat perbuatan begitu. Justru kl gak nanya malah aneh (kl menurut saya) Terus diingetin lagi sama Khidr kayak yg pertama, lalu nabi Musa diem lagi.


Terakhir, mereka jalan lagi terus ketemu daerah yg penduduknya pelit2, kikir pokonya. Terus disana ada bangunan roboh. Tiba2 Khidr kerja dongs benerin itu bangunan. Yha heran lah Nabi Musa. Kenapa pas penduduknya tipe pelit begitu malah bantu benerin rumah, gak minta upah pula. Akhirnya karena Nabi Musa nanya terus itu jadi akhir perjalanan mereka. Khidr menjelaskan diakhir tentang semua perbuatannya sebelumnya.

Pertama, dia lobangin perahu karena nanti bakal ada raja dzalim yang merampas perahu2. Perahu yg dilubangi itu punya orang shaleh, karena raja gak akan merampas  perahu yg rusak. Jadi orang shaleh itu bisa benerin perahunya terus dipake cari rejeki lagi.


Kedua, anak laki2 yg dia bunuh itu adalah anak orang yang ibu dan bapaknya sholeh. Tapi nanti pas udah gede anak itu jadi gak baik dan berpotensi menyeret orang tuanya pada kekufuran. Maka Allah menakdirkan anak kecil itu mati waktu kecil supaya orang tua nya punya anak lagi yang lebih baik keshalihannya dan lebih berbakti. Ya ampuuuun, bikin sadar gak sih ini kisah. Jadi gak semua yang menyedihkan / kita pandang buruk itu selalu buruk. Bisa aja itu adalah kebaikan dan keberuntungan.

Ketiga, tentang rumah yang dibangun ulang sama Nabi Khidr. Konon katanya ada anak yatim yang dulu ayahnya seorang yang saleh. Nah di bawah reruntuhan itu ada harta bagi anak yatim itu dan Allah menghendaki agar keduanya sampai dewasa dan mengeluarkan simpanan itu. Nah di tafsir ini lebih detail lagi, (ini nih pentingnya baca tafsir) Jadi katanya 'ayah' nya itu disebutkan adalah kakek moyangnya, dan si anak yatim ini adalah keturunannya yang ke 7. Makannya katanya kalau kita baik, saleh, dan rajin beribadah, Tuhan akan menjaga juga keturunan kita ke bawahnya. Tentang hartanya ada yang menyebutkan kalau hartanya itu adalah emas batangan yang tertulis kalimat di atasnya

Dengan nama Allah yang Maha pengasih lagi maha penyayang.

Aku merasa heran kepada orang yang beriman kepada takdir, 
mengapa ia bersedih hati.

Dan aku merasa heran dengan orang yang beriman kepada kematian, 
mengapa dia bersenang hati.

Dan aku heran kepada orang yang mengenal dunia serta silih bergantinya dengan para ahlinya,
mengapa dia merasa tenang kepadanya.

Tiada Tuhan selain Allah, Muhammad utusan Allah.

Beres baca tafsir ini, saya jadi mulai menerima hidup. Ternyata segala sesuatu itu udah di atur dan gak ada yang kebetulan. Jadi kl udah usaha, sesuatu itu gak berjalan seperti yang kita inginkan jangan maksa! TERIMA. Karena Tuhan Maha tau yg terbaik. Jangan egois pengen sesuai keinginan diri sendiri. #JustaNoteToMySelf

You Might Also Like

0 comments