Terima kasih Pa Dahlan Iskan.

September 23, 2018

Malam, tanggal 22 September. Saya abis nostalgia liat videonya Bob Sadino dulu di acara Kick Andy, lucu bet itu kakek. Terus di bawah video itu kan biasanya banyak rekomendasi video sejenis dari youtube, liatlah saya cerita Dahlan Iskan. Sebenernya saya udah sering denger kisah sepatu Dahlan Iskan dari dulu, tapi selewat doang. Karena tengah malem itu saya lagi mau mencharge diri saya (fyi, minggu belakangan ini pikiran saya agak 'kurang oke dikit' jadi biar UP lagi saya suka liat cerita perjuangan orang2 sukses dari jaman susahnya, biar saya melatih diri saya jadi orang yang gak lembek.)

Pas nonton video nya, haduuuuuuuuuuuu, hati saya kayak miris banget sama Pak Dahlan. Bisa ya beliau senyum2 ceritain pengalaman hidupnya yang padahal kl dicermati sedih nya sedih bgt. Waktu kecil ibunya meninggal, dia harus jalan 6 kilometer ke sekolah TANPA SEPATU! karena gak punya uang buat beli, dan guys jalan nya itu yang kena terik matahari jadi Panasssssss. Kebayang gak sih jalan di jalanan panas 6 kilo gak pake sepatu?! Katanya sampe dia jinjit2 saking panas kakinya. Pulang dari jalan 6 kilo itu laper dong perut, kalo anak2 jaman sekarang pulang, enak ada mama nya masakin makanan, pak Dahlan pulang sekolah laper, kakinya kena jalan panas, capek, ibu nya udah meninggal, terus dia liat beras gak ada :( hati saya terenyuh banget.. Betapa banyak sekali nikmat Tuhan yang lupa saya syukuri..


Saya jadi ngerasa bersalah banget dulu hobi koleksi banyak sepatu yang jarang di pake, beli cuma karena lucu aja tapi disimpen di lemari. Sementara di luar sana ada orang yg butuh banget sepatu tapi gak bisa... :(( Gara-gara nonton ini, saya berjanji sama diri sendiri gak akan beli2 kl gak bener-bener penting/butuh. Sebenernya sudah lama juga saya pengen menerapkan gaya hidup minimalis. Makasih yaa pak Dahlan..

Terus yang sngena banget di saya itu kata-kata beliau yang ini :
Andy Noya nanya, kenapa sih jadi menteri (waktu itu masih menjabat) kok gak mau pake ajudan?? Kemana2 nyupir sendiri, pake acara nginep nya di rumah warga yang kurang mampu pula. Kalok gitu ngapaen jadi menteri? Kan umumnya orang jadi pejabat itu ngejar fasilitas.

Jawabannya gini intinya, kata Pak Dahlan "Saya pikir hidup itu harus sesederhana mungkin, saya ini kan dulu gak punya apa-apa, ntar lagi juga beres jabatan menteri gak ada apa-apa lagi." Jadi intinya kalo dari sekarang pak Dahlan udh membiasakan diri gak pernah mengambil apapun, gak terlena sama fasilitas jabatan menteri, ajudan, dll, nanti pas jabatannya lepas ya tetep biasa aja. Selain itu kan nanti juga yg paling penting 'nyawa' suatu hari bakal diambil lagi sama Tuhan, jadi siap kalo semuanya diambil lagi, toh memang gak punya apa-apa. Haduuuuuuuu the best banget, panutan. Meskipun jabatan nya tinggi, sikapnya tetep membumi. THE BEST, Indonesia perlu orang2 kayak gini. Cuplikan wawancaranya bisa diliat di youtube yah, search aja kick andy dahlan iskan. Semoga bermanfaat :)

Love,Mus.


https://youtu.be/gvxA4b8dkrw


You Might Also Like

0 comments