HOS Cokroaminoto & Buya Hamka.

February 09, 2019

Kalau ditanya siapa orang yg pengen banget saya ikutin kemana2 di Indonesia, jawabannya adalah 2 orang di atas. Sayangnya dua orang itu udah almarhum, meski begitu saya tetep nge fans sama mereka. Waktu SD saya sering denger nama HOS Cokroaminoto di buku sejarah, tapi karena gak mendalam belajarnya jd saya gak pernah ngeuh kalo HOS Cokroaminoto itu orang hebat. Sampe sekarang saya masih menyesali kenapa gak baca biografi orang2 hebat dari kecil.



So, berdasarkan pengamatan saya selama ini, tokoh2 besar itu mostly guru/mentor nya adalah orang2 besar juga. Ibaratnya kl tiap hari bareng orang yang bau nya wangi ya ketempelan juga lah itu wanginya. Contoh guru yg melahirkan orang2 besar dalam sejarah :

Socrates punya murid namanya Plato, si Plato punya murid namanya Aristoteles, Bahkan katanya Iskandar Zulkarnain or the great Alexander itu salah satu murid Aristoteles.

Imam Malik punya murid Imam Syafi'i

Guru yang saya maksud disini bukan guru kayak di sekolah, mungkin kl di Islam di kenal nya Mursyid. Pokoknya itu tingkatan papan atas, jd mungkin kl gurunya selevel mursyid saya cukup yakin pasti orang2 kaya gitu punya semacam aura/wibawa/pancaran yang bisa ngaruhin orang. Kl di jaman skr udah langka keknya, dan kl saya meyakini nya bukan kebetulan aja itu murid di pertemukan sama guru2 yang levelnya tinggi. Kl kata pepatah, guru yang sebenernya itu bakal muncul kalo si murid memang siap.

Nah Hamka itu salah satu ulama favorit saya (kalo di Indonesia), karena menurut saya dia bukan cuma sekedar ustad yg ceramah doang di tv terus di bayar, dia bener2 orang yang punya prinsip. Bahkan dia pernah sampe bilang gak mau nerima gaji dalam menjalankan jabatan tertentu. Mungkin kl mau cari orang Islam yang bener2 Islam (bukan cuma di KTP) Hamka orangnya. Dalam beberapa kasus juga banyak cerita2 ajaib menyangkut Buya Hamka. Dia selamat waktu mau di siksa, karena tiba2 istri yg mau mukulin Buya Hamka jatuh dr delman jd suaminya langsung ke RS, pas ganti orang kedua juga sama anaknya tiba2 dilaporin keserempet mobil, ujungnya gak jadi lah dipukulin. Pernah juga di penjara gara2 di fitnah mau bunuh Soekarno, toh ujungnya menjelang Soekarno wafat minta disolatkan sama Hamka, yg lebih lucu Pramoedya Ananta T yg sering menyerang Hamka ujungnya nyuruh menantunya belajar Islam sama Hamka. Jd orang ini semacam orang yang sebenernya di percaya orang dan dilindungi Tuhan. Thats why i admire him.

Ternyata eh ternyata, Hamka ini muridnya Cokroaminoto juga, selain Hamka Cokroaminoto itu punya murid2 lain yaitu Soekarno, Semaoen, Kartosuwiryo, Muso, Tan Malaka, dan banyak tokoh besar lain. Bahkan ada cerita waktu Moh Yamin muda dia ketemu Cokroaminoto 30 menit, dari situ langsung berubah pikiran2 Moh Yamin. Jadi katanya Cokroaminoto itu punya 'semacam' sengatan untuk mengajari orang. Ada sejarawan yang pernah bilang juga kalo Soekarno dulu gak kos di tempat Cokro, gak akan dia jadi seperti itu. Orang jaman dulu itu emang keren2.




You Might Also Like

0 comments