SangHyang Heuleut

September 04, 2020

 

Beberapa minggu lalu sebenernya rencana nya mau touring ke perkebunan teh yg ada tempat lucunya, tapi karena lagi zona merah jd tiba2 ganti tujuan. Akhirnya perginya ke Sanghyang Heulet. Sebenernya ini kali ke 2 ku kesini, yang pertama dulu sama keluarga (nyasar 2 jam dong wkwk). Buat warga Bandung yg suka ngebolang pasti ga asing sama tempat ini. Sanghyang heulet ini lumayan jauh lokasinya (biasanya kl tempat eksotis emg butuh perjuangan, gpp.)  

Kita pergi berempat langsung masuk tol keluar di padalarang, terus lanjut lurus terus sampe nemu plang waduk Saguling, nah masuk situ terusss ke dalem nyusur rmh warga, kebun2, (biar terpencil tp akses jalannya bagus, krn tempat PLTA kali yak). Nah nnti ada plang Sanghyang heulet, dan warung2, dan biasanya banyak mobil parkir disitu. Ini baru permulaannya yaaa gaes. Tiket masuknya 15rb/orang, dan biasanya di tawarin guide 50rb bayarnya. Buat yg blm pernah gpp sih pake aja jasa guide si mang2 ini, itung2 ngasih rejeki ke warga sekitar, soalnya dulu keluarga ku pernah sampe nyasar 2 jam muter2 di hutan.


oke, abis bayar tiket masuk perjalanan sebenernya baru di mulai. Disarankan buat yg mau kesini dtgnya pagi2 bgt ya kl bisa, jadi pas jalan sejuk dan seger, kl siang baru sampe berati siap2 jalan di bawah terik matahari. Btw, dari pintu masuk sampe sanghyang heulet itu jalannya +- 1 jam dan jalannya bukan yg mulus gt. Mula2 lewat pipa2 segede gaban (dan disini kemiringan jalannya itu 45 derajat, jadi hati2 glundung) terus naek tangga kecil (ni tangga keliatannya biasa aja, tp pas di naikin seremmm kl kepeleset dikit itu kaki gatau gmn)




abis lewat jalan pipa dan tangga, (itu masih permulaan bgt wkwkw) baru deh nyusurin kebon pisang, btw ini jalannya naik turun naik turun gt, aku sampe ganti sendal jepit karena lecet kakinya pake sepatu. Kalo udh lewatin semua kebon pisang itu, mulai ada sungai2 kecil keliatan, disini mulai nyusurin sungai.





abis itu mulai jalannya jd berbatu-batu. Makin lama itu batu makin gede-gedeeeeeeeeee. pergelangan kaki ku sm temenku pd sakit soalnya naik trs turunnya loncat gt kan, jd kl bisa pelan2 aja turunnya sambil duduk. Tapi makin dalem makin kerasa banget hening hutannya, ada suara angin lewat daun pohon, air yg tenang, batu gede2 yang bagus bentuknya. Dulu ayah pernah bilang kl disini itu jaman dulunya laut purba, jd batunya kl diliat2 kaya karang laut.



ngos-ngosan? jgn di tanya, pas naik semua org pake masker, tapi kl udah nanjak keknya semuanya copot masker deh, soalnya udah engap-engap an nafas kl ada masker yg ada gabisa nafas. Ada juga kake nenek, anak2 kicil, yang sampe sini, jd kalo aku ga nyampe keknya cupu banget sih.

Akhirnya setelah perjuangan, kita sampeeeeeeeeeeeeeeee. Alhamdulillah ga hujan jd airnya gak keruh dan warna nya hijau seperti yg di harapkan. Emang kl kesini bagusnya pas kemarau, soalnya kl musim ujan ambyar udah di jalan setapak ga ada tempat neduh, dan danaunya air nya jd butek.





di deket danau ada warung2 dan musola kecil. dulu wkt kesini warungnya cm 1, sekarang ada 2 dan beberapa wc alakadarnya. Buat yg mau berenang bisa sewa pelampung hrgnya 25k. kl solat wudhunya di sungai langsung ( di air yang mengalir ya) kl laper tinggal makan indomi telor cabe di warung, murah enak lagi :p



sekian cerita perjalanannya. Alhamdulillah pengen refreshing ke alam2, Tuhan kasih kesempatannya, terimakasih Gusti.... :)




You Might Also Like

0 comments