Berharap & Berkeinginan.

April 07, 2018



Saya lagi belajar untuk tidak berharap dan meminimalkan keinginan diri saya kepada apapun itu. Lagi pengen jalanin dan ngelakuin hal semampu saya tanpa harapan bakal begini dan begitu. Pengennya sih ngelakuin hal yang asal Tuhan suka saya pun senang, cuman level saya belum setinggi itu. Kalau katanya Arthur Schopenhauer hidup penuh keinginan itu adalah sumber penderitaan. Saya bukan penganut faham pesimisme, tapi saya akui statement bapak Schopenhauer itu betul. Nih misal, waktu jomblo pengen punya pasangan, udah punya pasangan dikira bakal bahagia happy ending macem cerita dongeng? No man, permasalahan baru pasti muncul lagi, mungkin kalo yg cowok dulu memandang cewek pujaannya adalah yang paling okeh, ketika udah ada di genggaman dia, yhaa lama-lama juga biasa aja, paling mantep 2 taun juga bosen lalu di luar sana banyak yang lebih keceh, lalu pengen lagi yang lain.... (segala sesuatu itu indah selama belum dimiliki, kalau udah dimiliki yha biasa aja), and the fact is, selama kita masih menjadi manusia yang bernafas kita gak akan lepas dari semua keinginan itu.

pic from my instagram : m.lifejournal

Satu lagi tentang harapan. Gimana ya saya tulisnya yang pas, karena agak-agak sulit menjelaskannya. Tanpa harapan, manusia pasti kurang semangat mengejar sesuatu karena mungkin di otak dia gak jelas hasil akhirnya apaan. Tapi karena berharap pula, rasa kesel, sebel, sakit, datang karena nyatanya hidup tidak selalu berjalan sesuai harapan. Ujungnya sih udah paling bener pesannya orang bijak zaman dulu “Hanya berharap kepada Allah.” Jadi kalau niatnya karena Tuhan, pasti ikhlas. Contoh, ada cowok yang tiba-tiba jadi alim, suka posting ayat-ayat, gara-gara pengen di lihat sama cewek yang dia taksir biar kelihatannya ‘wow’. Tapi faktanya si ceweknya malah males sama itu cowok. Kalo si cowok itu meletakannya harapannya sama si cewek, begitu liat responnya males gitu pasti jleb sakit tuh nancep ke ulu hati (lebay, tapi mungkin nyata untuk orang-orang di luar sana?) Tapi kalo harapan dia hanya kepada Tuhan, dia posting ayat-ayat niatnya semata karena mencari keridhaan Tuhan, gak masalah mau itu si cewek males / ngemeng apapun, karena yha bukan urusan dia, yang penting Tuhan suka, beres. Gampang di omongin, berat di lakuin. Tapi harus belajar.
Kalau sampai di dunia ini, bisa sampai tahap insan kamil / manusia yang sempurna / kl di buddha mungkin disebutnya yang mendapat pencerahan itu menurut saya adalah tingkat keren yang kerennya udah paling mantep. Tahap dimana seseorang sudah bebas dari segala keinginan, udah gak duniawi lagi, udah bisa lihat yang gak bisa dilihat orang-orang umum, udah jadi manusia bebas yang gak terikat apapun. Mungkin mati, sebelum datang mati yang sebenarnya adalah caranya. Just night thoughts, mohon maaf kalo ada yang baca tulisan ini terus jadi bingung, itu lah salah satu pikiran saya yang tidak pernah saya ceritakan.

You Might Also Like

0 comments