Cara meminimalisir ucapan menyakitkan

August 25, 2018

pic illustrated by me (@m.lifejournal / @mussboloproject)

Ternyata gak semua hal yang menyakitkan / kita pandang buruk, seluruhnya buruk. Ternyata ada pembelajaran berharga di balik segala sesuatu kalau kita mau mencari. Kemarin saya dapet chat yang isinya gak enak di baca, pokoknya sedih kalau di baca. Sebagai manusia biasa, saya juga punya perasaan kalau dapet kata yang tidak berkenan pasti ada emosi dalam diri. Banyak pembelaan muncul dalam otak saya, lha kan sebenernya yang saya lakuin emang udah sesuai, kenapa dia yang ngomel. Pokoknya untuk beberapa menit saya merasa kzl. Terus udah gitu saya diem, mikir. as always, kl udh bbrp lama emosi saya mulai tenang lagi dan mulai mikir.

Ini selalu jadi cara terampuh bagi saya untuk mengobati sakit hati biar gak terlalu nusuk ke dalem, buat kamu yang merasa sensitif semoga cara ini bisa membantu. Jadi, kalau kita inget orangnya yang ngomong kata yang menyakitkan itu, pasti jatohnya bakal kesel - gak terima - marah - murka, dll. Tapi kalau saya inget siapa yang ada di balik semua, kan yang bikin orang itu bisa ngomong gitu adalah Tuhan, saya mulai nerima. Mungkin itu cara Tuhan kasih tau dimana kekurangan kita yang harus di benerin, maka di bikinlah orang itu ngomong begitu pedes atas izin Nya. Akhirnya saya mulai mengakui kalau saya memang harus belajar dan intropeksi jadi orang yang lebih baik. Kalaupun omongan dia itu gak bener, inget aja mungkin itu karma dari ucapan kita dulu yang pernah nyakitin hati orang lain juga (sadar / gak sadar). Jadi saya nerima. Dan ternyata, NERIMA itu bikin hati lebih nyaman. 

You Might Also Like

0 comments