Midnight Journal. (Story of Manuel Noriega)

August 06, 2018

Saya habis nonton acara national geographic yang segmen : dictator rulebook.
Saya selalu tertarik dengan kisah hidup manusia (bukan maksud kepo), tapi lebih ke arah mempelajari hal-hal apa yang dia lakukan di masa lalu, latar belakang keluarga dan lingkungan, sampe akhirnya seseorang bisa mencapai posisinya yang sekarang. Tadi saya nonton kisahnya Manuel Noriega, diktator Panama. It was good story, karena menarik sampe saya nonton 2x.


Hidup manusia itu memang menarik. Takdir dan ambisi bisa membawa bocah miskin yatim piatu dari lingkungan kumuh yang dulunya sering di bully dan dihina, sampe bisa jadi orang paling berkuasa di Panama. Saya bener-bener perhatiin tahap-tahap / fase kehidupan si Noriega ini. Jadi pengamat sendiri bilang kalau sangat sedikit kemungkinannya orang macem Noriega yang lahir di lingkungan kumuh, kismin, dan bukan ras elit untuk bisa jadi orang berpengaruh, di tambah waktu itu banyak diskriminasi. Yang saya dapet dari si Noriega ini, dia bisa naik ke posisi tinggi adalah karena 2 faktor : kecerdasan dan ambisi. Di ceritakan orang ini adalah siswa yang unggul di setiap mata pelajaran, bisa ambil alternatif terbaik dan konsisten kejar tujuan, dan dia waktu SMA berambisi jadi presiden Panama, sebenernya mimpi yang hampir mustahil tapi gak ada yang mustahil kalau manusia sudah punya ambisi nancep dalem apapun bisa dikejar, dan terakhir yang pasti adalah karena izin Tuhan (ya kalo tiba2 dia matik di tengah jalan kan gak kecapai juga itu ambisi.)


Jadi di setengah film nya pas saya liat itu dia udh berhasil lulus SMA dan masuk militer. Disitu dia ketemu sosok karismatik namanya Omar Torrijos. Pas saya liat foto dia waktu di militer, (call me so tau, tapi saya disitu melihat tatapan mata yang kosong dan jahat). Menurut yang pernah saya pelajari, manusia baik/tidak bisa dilihat dari sinar matanya. Kalau matanya memancarkan sinar/berbinar/intinya ada sinarnya lah (macem bayi contohnya) barati dia punya rasa kasih sayang, yang bisa disimpulkan kalo kita aman deket2 dia. Tapi kalau matanya keliatan kelam/gak ada sinarnya/tatapannya kosong, sebaiknya berhati2. Nah si Noriega ini saya liat tatapan matanya kosong dan jahat gitu (maap ya Nori) makanya saya penasaran gimana kelanjutan hidup dia nantinya dan akhir hidupnya kayak apa. Saya teruskanlah nontonnya.


Sebenernya keren sih ni orang, lulus dari militer dia jadi tangan kanan si Omar Torrijos karena si Omar tau kalo Noriega ini anak cemerlang. Ibaratnya, kalo mau jadi pimpinan tertinggi liat mana alpha male nya dan jadilah tangan kanan dia, nanti selanjutnya kamu yang jadi alpha male nya. Begitu kira2. Si Noriego ini tangan kanan kepercayaan banget (bahkan dalam hal yang buruk :( jadi kalo suruh bunuh, ya ngebunuh, siksa orang, yang sadis2 juga dijabanin). Saya selalu percaya hukum karma dalam hidup, jadi kalo kita ngelakuin hal buruk itu akibat gak akan kemana2 tapi balik lagi ke diri sendiri one day. Orang yang bener2 pinter pasti bakal pilih melakukan perbuatan dan pikiran baik, karena tau hukum hidup. Tapi gak sedikit orang cerdas yang tetep berbuat buruk karena di butakan dunia, jadi mata hatinya mungkin gak bisa melihat karena hatinya udah burem sama kotoran dosa, Jadi saya kembali penasaran ini orang akhir hidupnya gimana.

Lanjut, semakin sini makin nanjak lah karir dia. Dia jadi kepala badan intelijen, yang mana posisi ini emang penting buat org2 yang mau jadi diktator karena mereka kan harus tau informasi siapa aja yang bener2 kawan dan musuh, secara di politik banyak orang muka dua yang memihak nya kalo ada untungnya doang, jadi orang yang menguasai informasi itu sangat berguna. Disitu di ceritain dia jadi mata2 Panama yang ngintelin AS, tapi disisi lain dia jadi mata2 AS, jadi dia itu multi player -_- disini udah jelas tipikal manusia apakah bapak ini. Cuma orang licik yang bisa kerja kayak gitu, tapi dia licik pinter man. Sampe intinya dia itu jadi orang dengan kekuasaan tertinggi di Panama. Officially dia bukan presiden, tapi sebenernya di balik layar dia yang ngatur semuanya. Dia cuci duit gembong narkoba, bisnis narkoba di balik sergam militer, dll. Sampe julukannya itu gangster berseragam. (Hmm, kisah klasik bgt yes.) Dia juga terlibat sebagai dalang aksi pembunuhan beberapa tokoh, termasuk panutannya sendiri jaman muda dulu Omar Torrijos, demi naik ke level lebih tinggi. Dan terbukti guys, kalo segala sesuatu yang diambil dengan cara gak berkah dan buruk, one day itu bumerang balik lagi ke diri sendiri kalo gak tobat. Di akhir hayatnya semua keburukannya di buka, dia di demo gede-gedean, sampe di cari AS pake ribuan tentara karena mulutnya asbun gak bisa dijaga.

Akhir cerita, kl saya perhatiin lagi bener-bener. Pertama, dia numpuk kekayaan hasil bisnis narkoba, jual informasi ini itu, sampe numpuk duit gak terkira dan pas mati itu duit masih banyak juga man yg blm di pake. THEN WHAT? I mean, lu udah ngotorin tangan dan jiwa untuk numpuk kekayaan yang bahkan belum sempet di pake? Emang nafsu manusia itu bisa jadi serakah banget. Padahal sehari makan 2x doang, tapi pengen punya duit triliyunan. Sebenernya kalo purpose nya baik dan jelas sih oke, tapi kalo buat di timbun?. Kedua, pun setelah dia sampe di puncak kekuasaan cuma tahan 6 taun doang. Menurut saya, Noriego menancapkan moto yang salah , jd dia diajari "kl dapet kekuasaan harus dipertahankan selama mungkin." mungkin akan lebih tepat jika "digunakan sebaik mungkin untuk kebaikan orang bayak."

Yha segitu dulu analisis kisah hidup pak Noriego yang aku tonton, sebenernya mau lanjut cerita tentang analisis diri sendiri tapi karena udah lewat tengah malem nanti lagi deh.


Gnight, Allah bless all.
Mus.

You Might Also Like

0 comments